10:30 WIB
Sabtu , 25 November 2017
Diposting tanggal: 15 April 2017, 09:38:00 WIB

Cara Membedakan Ban Radial dengan Biasa

 Cara Membedakan Ban Radial dengan Biasa
Perbedaan antara ban biasa dan ban radial secara spesifik

KARAWANG - Secara bentuk dan tampilan serta kembangan ban sepeda motor sekarang ini hampir memiliki kesamaan. Namun jika dilihat secara detail baru akan ketahuan jenis ban yang digunakan pada sebuah motor. Setidaknya ada tiga jenis ban yang beredar di pasaran seperti tubeless, tubetype, dan radial. Untuk membedakannya pabrikan telah memberikan ciri atau kode yang ada di samping ban, misalnya ban radial dengan logo R.

"Secara fisik enggak bisa dibedakan (ban biasa dan radial), tapi yang ban radial itu kode R di sampingnya. Kalau tidak ada berarti itu ban bias atau biasa," ujar  Arijanto Notorahardjo selaku EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal.

Selain itu, tambah Arijanto ada cara lain untuk mengetahui perbedaannya, yaitu dengan mengangkatnya. Ban bias lebih berat dibanding radial.

"Karena ban radial itu relatif lebih enteng, untuk ukuran yang sama lebih ringan dibanding ban biasa," tambahnya.

Perbedaan lainnya antara ban radial dengan ban bias terletak pada konstruksinya. Konstruksi ban radial bersudut 90 derajat dan menggunakan lapisan dari serat baja, sedangkan konstruksi ban bias bersudut 45 derajat dan menggunakan serat nilon. Ban radial memiliki keunggulan, khususnya dalam hal pengendalian, daya cengkeram (grip), serta performa baik di jalan kering maupun basah. (okezone.com) (sek-red)